Sejarah

Inilah Faktor Kemunduran/Runtuhnya Kerajaan Majapahit Lengkap

Inilah Faktor Kemunduran/Runtuhnya Kerajaan Majapahit Lengkap – Update artikel terbaru kali ini saya akan mengulas tentang faktor kemunduran kerajaan majapahit, faktor penyebab runtuhnya kerajaan majapahit, faktor penyebab terjadinya kemunduran dan keruntuhan majapahit. Bagi kalian yang sedang mencari jawaban tentang faktor apa saja yang menyebabkan kemunduran kerajaan majapahit, simak ulasan selengkapnya tentang faktor kemunduran kerajaan majapahit berikut ini.

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan indianisasi terakhir di Indonesia; yang berbasis di Jawa Timur, itu berdiri antara abad 13 dan 16. Pendiri kekaisaran majapahit adalah Wijaya, seorang pangeran dari Singhasari, yang melarikan diri ketika Jayakatwang, penguasa Kediri, mengambil alih istana. Di tahun 1292 tentara Mongol datang ke Jawa untuk membalas penghinaan terhadap kaisar Cina, Kubilai Khan, oleh Kertanegara, raja Singhasari, yang telah digantikan oleh Jayakatwang. Wijaya berkolaborasi dengan pasukan Mongol mengalahkan Jayakatwang; Wijaya kemudian berbalik melawan Mongol dan mengusir mereka dari Jawa. Kerajaan Majapahit Runtuh pada tahun 1500 Masehi. Berikut ini faktor-faktor penyebab kemunduran/runtuhnya kerajaan majapahit:

Faktor Penyebab Kemunduran/Keruntuhan Kerajaan Majapahit

1. Tidak adanya pembentukan pimpinan yang baru (kaderisasi), seperti yang terajdi pada masa Kerajaan Majapahit. Gajah Mada sebagai Patih Amangkubhumi memegang segala jabatan yang penting, ia tidak memberi kesempatan kepada generasi penerus untuk tampil, sehingga setelah meninggal Gajah Mada tidak ada penggantinya yang cakap dan berpengalaman.

2. Kelemahan pemerintahan pusat sebagai akibat berlangsungnya perang saudara seperti Perang Paregreg yang justru melemahkan kekuasaan kerajaan seperti Bre Wirabhumi dengan Wikrama Wardhana.

3. Terdesaknya kerajaan sebagai akibat munculnya kerajaan yang lebih besar dan kuat. Contohnya kerajaan Majapahit diserang kerajaan Demak.

4. Berlangsungnya perang saudara seperti Perang Paregreg  yang justru melemahkan kekuasaan kerajaan seperti Bre Wirabumi dengan Wikrama Wardhana.

5. Banyaknya daerah yang melepaskan diri akibat lemahnya pengawasan pemerintahan pusat dan kerajaan-kerajaan bawahanya membuat kerajaan yang merdeka serta tidak terikat lagi oleh pemerintahan pusat

6. Kemunduran ekonomi dan perdagangan.

7. Masyarakat mulai tertarik dengan agama Islam yang disebarkan dari Malaka, Gresik dan Tuban.

Demikianlah ulasan lengkap tentang faktor penyebab terjadinya kemunduran/keruntuhan kerajaan majapahit. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
You may also like...

Owner and Founder of Asro Teknologi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sejarah

Advertisement

Trending

Topik

Advertisement
To Top