Sejarah

Inilah Faktor Yang Mendorong Lahirnya Kerajaan Majapahit Sebagai Kerajaan Besar

Faktor Yang Mendorong Lahirnya Kerajaan Majapahit Sebagai Kerajaan Besar – Update artikel terbaru kali ini saya akan membahas tentang faktor yang mendorong lahirnya kerajaan majapahit sebagai kerajaan besar. Bagi kalian yang sedang mencari jawaban tentang faktor yang mendorong lahirnya kerajaan majapahit sebagai kerajaan besar, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Faktor Yang Mendorong Lahirnya Kerajaan Majapahit Sebagai Kerajaan Besar


Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar, antara lain sebagai berikut:

a. Letak Majapahit secara geografis sangat strategis, yaitu di tengah-tengah wilayah Indonesi sehingga mudah memainkan peran dalam menyatukan Indonesia, baik secara politik maupun ekonomi.

b. Pusat kerajaan di tepi sungal besar yang mudah dilayari sehingga hubungan dengan dunia luar sangat mudah.

c. Tanahnya subur dan banyak menghasilkan bahan-bahan ekspor, khususnya hasil pertanian utamanya beras dan kacang-kacangan.

d. Sebelum Majapahit telah adanya kerajaa-kerajaan Jawa Timur yang merintisnya, khususnya Singasari di bawah Kertanegara. Gagasan nusantara telah diperoleh dan pelaksanaannya sebagian telah dilakukan.

e. Munculnya tokoh-tokoh kerajaan, seperti R. Wijaya, Hayam Wuruk, dan Patih Gajah Mada yang melaksanakan gagasan nusantara dengan “Surnpah Palapa”-nya.

f. Tidak ada lagi saingan kerajaan di Indonesia. Sniwijaya sudah semakin lemah setelah serangan dan Cholamandala, sedangkan Kediri akibatsiasat yang dilakukan oleh R. Wijaya.

g. Di luar Indonesia, tidak ada lagi kerajaan besar yang dapat menjadi penintang. Kerajaan Cholamandala di India dan Dinasti Yuan di Cina terpecah-pecah setelah raja/kaisar besarnya meninggal. 

Demikianlah ulasan lengkap tentang faktor-faktor yang mendorong lahirnya kerajaan majapahit sebagai kerajan besar. Semoga bermanfaat.
Continue Reading
You may also like...

Owner and Founder of Asro Teknologi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sejarah

Advertisement

Trending

Topik

Advertisement
To Top